Sherly



Alibaba.com Limited adalah pemimpin global dalam business-to-business (B2B) e-commerce dan perusahaan unggulan dari Alibaba Group. Didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999, Alibaba.com memberikan kemudahan bagi jutaan pembeli dan pemasok di seluruh dunia untuk melakukan bisnis online melalui tiga pasar: sebuah pasar perdagangan global (www.alibaba.com) untuk importir dan eksportir; sebuah pasar Cina (www.alibaba com.cn). untuk perdagangan dalam negeri di Cina; dan melalui perusahaan asosiasi, sebuah pasar Jepang (www.alibaba.co.jp) yang memfasilitasi perdagangan dari dan ke Jepang. Bersama-sama, pasar ini  membentuk sebuah komunitas lebih dari 40 juta pengguna terdaftar di lebih dari 240 negara dan wilayah. Berkantor pusat di Hangzhou, Alibaba.com memiliki kantor di lebih dari 40 kota di seluruh Greater China serta di Eropa dan Amerika Serikat.


Alibaba.com tidak memproduksi barang-barangnya sendiri. Alibaba.com berfungsi sebagai pihak ke-3 yang membantu mempertemukan penjual dan pembeli. Posisi alibaba.com adalah sebagai neutral site yaitu independent evaluator intermediaries yang memungkinkan pengguna untuk membandingkan antara produk dan harga yang akan menghasilkan pembelian di site yang dituju. 

Mengapa ratusan perusahaan besar bergegas untuk berinvestasi di alibaba.com
 Sebelum menjadi perusahaan publik, jack ma memang kesulitan dalam menangani masalah keuangan. Namun setelah go public, Jack Ma malah mendapat banyak tawaran dana bahkan berhasil meraup dana penawaran saham perdana 1,7 miliar dollar AS di Bursa Saham Hongkong pada November 2007 yang  merupakan penawaran saham perdana (IPO) internet terbesar sejak IPO Google di Nasdaq.  
Perusahaan-perusahaan ingin berinvestasi karena alibaba.com berpotensi untuk menjadi usaha e-commerce yang sukses. Hal ini dapat dilihat dari keuntungan alibaba.com yang terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Sumber pendapatan alibaba.com berasal dari : 
-komisi ketika terjadi transaksi antara penjual dan pembeli (transaction fees);
-banner-banner dan iklan yang di display di website mereka dengan system cost per click advertising on site (advertising fees)  
-annual subcription fees from members  

Major services yang disediakan alibaba.com antara lain:
-determination of product offering 
-order fulfillment 
-Logistics ( delivery of information, goods and service to buyers) 
-payment 
-security system 
-communication (posting buyers’ request) 

Alibaba.com major features antara lain:
-   Free E-mail 
-   Instant Messenger Trade Manager 
-   Trust services 
-   FAQs 
-   Tutorial for traders 
-   Free E-mail alert 
-   News (basically related to importing and exporting) 
-   Trade show information 
-   Legal information 
-   Arbitration 
-   Forums 
-   Discussion Group 
-   Trade trends 

Royalty program yang diberikan alibaba.com: 
-membership packages yang bisa diperoleh setelah menjadi member 
-member can create personalized company web page as well as “product showroom”  
-premium storefronts, priority listing, dedicated training, customer service, dan range of value added service yang ditawarkan premium membership  
-Trust  
Alibaba.com selalu berupaya untuk memberikan produk dan servis yang terbaik kepada konsumennya