Elizabeth

About Alibaba.com

Alibaba sebenarnya tak beda dengan toko Amazon.com atau toko lelang eBay.com. Dua yang disebut terakhir adalah raja e-commerce dunia. Didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma, seorang mantan guru bahasa Inggris dari Hangzhou, Cina, bersama 17 pendiri lainnya. Jack Ma meniru mereka tapi memodifikasinya. Contohnya, target pasarnya bukan pembeli retail. Tapi dia berfokus pada pembeli grosir. Jack MA sadar di Cina mayoritas perusahaan atau 42 juta perusahaan adalah usaha kecil menengah. Mereka tak cukup pintar membangun aplikasi yang membuat mereka bisa go global. Dari apartemen sederhana, Alibaba berkembang hebat. Dalam waktu delapan tahun dia sudah masuk bursa, mengantongi 25 juta pembeli di seluruh dunia. Bahkan Yahoo!, Cisco, dan AIG juga menjadi investor.

Jack Ma memang cuma menggunakan jurus ATM: amati, tiru, dan modifikasi. Tapi hasilnya dahsyat. Pada saat yang sama, dia juga meniru toko lelang eBAy.com. Dia melahirkan Taobao.com. Toko lelang ini sudah mengalahkan eBAy.com di Cina. Kini sebagian besar mahasiswa di Cina sudah kecanduan Taobao. Mereka mencari celana Levis, baju Zara, atau pasta gigi dan peniti di toko lelang ini. Pengguna Alibaba.com sudah mencapai 8 juta dan pendapatannya terus meningkat. Akhir tahun lalu pendapatan Alibaba.com naik 39 persen menjadi 440 juta dollar AS. Alibaba.com berhasil meraup dana penawaran saham perdana 1,7 miliar dollar AS di Bursa Saham Hongkong pada November 2007. Itu merupakan penawaran saham perdana (IPO) internet terbesar sejak IPO Google di Nasdaq.

Alibaba.com memungkinkan jutaan pembeli dan pemasok di seluruh dunia untuk melakukan bisnis online melalui tiga pasar platform perdagangan global (www.alibaba.com ) untuk importir dan eksportir, sebuah platform Cina ( www.1688.com ) untuk perdagangan dalam negeri di Cina, dan, melalui perusahaan asosiasi, platform Jepang ( www.alibaba.co.jp ) untuk memfasilitasi perdagangan ke Jepang dan dari Jepang. Selain itu, Alibaba.com menawarkan platform grosir di situs global ( www.aliexpress.com ) ditujukan untuk pembeli dalam jumlah kecil yang mencari pengiriman cepat. Alibaba.com juga menawarkan manajemen bisnis perangkat lunak dan layanan infrastruktur Internet menargetkan bisnis di seluruh China, dan menyediakan pelayanan pendidikan untuk menetaskan manajemen perusahaan dan profesional e-commerce.

 
1. Ketika IPO Alibaba.com memulai perdagangan, ratusan
    perusahaan besar langsung berinvestasi di dalamnya, karena
    perkembangan Alibaba.com sangat cepat sehingga para
    investor tertarik untuk berinvestasi. Dapat dilihat dari segi
    penggunanya hingga pendapatannya yang terus meningkat.
    Selain itu, Alibaba.com juga berhasil meraup dana penawaran
    saham perdana 1,7 miliar dollar AS di Bursa Saham Hongkong
    pada November 2007. Itu merupakan penawaran saham perdana
    (IPO) internet terbesar.


2. Sumber penghasilan Alibaba.com berasal dari transaction fee, 
    membership fee, advertising fee, dan subscription fee.
    - Transaction fee adalah komisi dari setiap transaksi yang terjadi 
      di alibaba.com.
    - Membership fee adalah iuran bulanan atau tahunan bagi setiap 
      member.
    - Advertising fee adalah biaya dari iklan yang dipasang di 
      alibaba.com.
    - Subscription fee adalah biaya verifikasi atas identitas setiap 
      member oleh pihak ketiga.

3. Major services yang ditawarkan Alibaba.com
    - Free E-mail
    - Instant Messenger Trade Manager
    - Trust Service
    - FAQs
    - Tutorials for Traders
    - Free E-mail Alerts
    - News (basically related to importing and exporting)
    - Trade show information
    - Legal Information
    - Arbitration
    - Forums and Discussion Groups
    - Trade Trends
    - Premium Storefront
    - Priority Listing
    - Dedicated Training
    - Costumer Service
    - Product Showcase (private product showroom)
    - My Favorites
    - Price Watch
    - Alidictionary
    - Buying Lead

4. Loyalty program Alibaba.com
    - Premium membership, menyediakan premium storefronts, 
      priority listing, dedicated training, and customer service.
    - China Gold Supplier (plasto card), menawarkan servis-servis 
      jempolan dan verifikasi bahwa supplier tersebut terpercaya.
    - Customers’ satisfaction dan trust, menampilkan konten terbaru, 
      prosedur kerja yang sistematis dan terpercaya, secure security 
      dan trust.